GURU SEJATI ADALAH IDAMAN SANTRI


Bismillahirrahmanirrohim.
Segala puji  hanya teruntuk Allah yang telah menjadikan Rosululloah sebagai guru terbaik umat manusia sepanjang zaman. Allah Berfirman:
هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي الْأُمِّيِّينَ رَسُولًا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ ءَايَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ
“ Dia-lah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan Hikmah (As Sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata”

Sholawat beserta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Baginda Nabi besar Muhammad SAW, yang beliau berkedudukan sebagai seorang pendidik yang telah beliau nyatakan sendiri dalam sabdanya,
إِنَّ الله بَعَثَنِى مُعَلِّمًا مُيَسِّرًا, Aku di utus Allah sebagai pengajar dan untuk selalu mempermudah” Hr. Ibn Majah No 229.
Rasulullah SAW. telah bersunguh-sungguh dalam mendidik para sahabat dan generasi muslim, hingga mereka memiliki kesempurnaan ahlak, kesucian jiwa dan karakter yang bersih.
1.       Guru
Siapakah Mereka?
Menurut KBBI, Guru adalah seseorang yang pekerjaannya adalah mengajar dan mendidik.
Menurut orang Jawa, Guru adalah Orang yang bisa di gugu dan di tiru.
Sebenarnya, kalau kita renungkan, jika seorang guru mampu menjadi seorang fasilitator dan inspirator, maka penghargaan dan rasa simpati dari siswa siswinya akan muncul dengan sendirinya, bukan penghargaan secara material yang akan diperoleh tetapi lebih berharga dari itu, guru akan mendapat penghargaan non material yang tinggi terhadap pribadinya. Sehingga tidak salah kalau guru inspirator adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang patut di Gugu dan diTiru. Maka, Guru adalah orang nomor satu yang bisa menentukan jiwa muridnya. Jika guru jelek maka murid akan bisa lebih buruk darinya

2.       Keutamaan Guru
Profesi sebagai pendidik adalah pilihan. Tanpa pendidik, suatu bangsa tidak akan pernah maju. Ketika Nagasaki dan Hiroshima dibom atom oleh sekutu pada tahun 1945, seorang yang sangat diutamakan untuk selamat adalah guru/pendidik. Hal ini ditujukan agar generasi penerus masih dapat bertahan hidup karena memiliki sebuah harta yang paling berharga yaitu ilmu. Dan tugas seorang pendidik adalah menyampaikan dan menerangkan ilmu agar dapat diamalkan oleh orang lain dalam kehidupan.
Diantara keutamaan sebagai sorang guru adalah:
a.       Guru adalah salah satu pangkat Rosululloh
b.      Guru adalah salah satu dari tiga bapak manusia
c.       Guru mempunyai hubungan sangat dekat dengan siswa hingga seperti hubungan nasab
d.      Lain-lain

3.       Tugas Utama Seorang Guru
Dari Ayat di atas, pada dasarnya, ada 3 hal yang menjadi tugas pokok seorang Rasul sebagai pegangan bagi seorang guru/mu’allim:
Tilawah (membacakan ayat-ayat Allah SWT)
Tadzkiyah (membersihkan jiwa)
Ta’lim (mengajarkan Al-Qur’an dan As-sunnah)

4.      Tips Menjadi Guru Idaman
Karena tugas guru sangat berat, besar, dan sangat menentukan kehidupan seseorang, maka dipelukan tips-tips agar menjadi guru yang bukan hanya berhasil, namun menjadi idaman dan idola bagi semua muridnya. Dari beberapa pengalaman dan realita, khususnya di zaman teknologi dan globalisasi ini, maka hal-hal yang bisa menjadikan murid sangat gandrung kepada guru adalah beberapa hal di bawah ini:
a.    Ramah & Riang
                             i.      Murah senyum, menyapa, memulai pembicaraan, memancing pertanyaan, tanggap dengan penuh perhatian dan hormat terhadap komentar siswa.
                           ii.      Menceritakan leucon, tertawa bersama siswa
b.    Penuh Keakraban
                             i.      Pandai membuat lelucon, mendorong dan memulai diskusi, hafal nama-nama siswa, berinteraksi dengan siswa sebelum dan setelah pembelajaran berlangsung
c.    Berwibawa & percaya diri
                             i.      Menerapkan tata tertib belajar yang jelas, menjaga ketertiban kelas, berbicara dengan suara lantang dan jelas.
                          ii.      Berbicara jelas, menatap (kontak) mata siswa, menjawab pertanyaan dengan benar
d.    Rendah Hati & Peduli
                             i.      Mengakui kesalahan, tidak sombong, tidak mendompleng sukses orang lain, dan tidak merendahkan perestasi/sukses orang.lain
                           ii.      Menghargai karya siswa yang baik,. membantu siswa yang membutuhkan bantuan, hafal nama-nama siswa, menawarkan bonus atau nilai tambahan terhadap prestasi siswa yang tinggi
e.    Hormat/Menghargai
                             i.      Tidak melecehkan dan mempermalukan siswa di kelas, ramah pada siswa, mengucapkan kata minta tolong dan terima kasih terima kasih atas tindakan siswa yang diminta, tidak memotong pembicaraan siswa, tidak mebentak atau mengeluarkan kata-kata kasar pada siswa
f.     Pendengar Yang Baik
                             i.      Tidak memotong pembicaraan siswa, selalu mengadakan kontak mata, menanyakan inti pertanyaan yang diajukan siswa
g.    Profesional Dalam Penampilan
                             i.      Berpakaian rapih, bersih, tidak kusut, dan kotor
h.    Antusias Dalam Mengajar
                             i.      Murah senyum saat mengajar, menyajikan kegiatan belajar yang menarik, menampilkan ekspresi gerak dan mimik untuk pernyataan atau hal-hal penting, dan datang tepat waktu
i.      Mengelola Waktu Pembelajaran Dengan Baik
                             i.      Tiba tepat waktu atau lebih awal, mengakhiri pembelajarn tepat waktu, menyajikan bahan ajar yang relevan, memberikan kesempatan (waktu) untuk pertanyaan, menepati janji, mengembalikan pekerjaan siswa tepat waktu
j.      Kreatif & Menarik
                             i.      Melakukan eksperimen metode mengajar, menggunakan produk teknologi untuk mendukung dan meningkatkan kualitas pengajaran, menggunakan contoh yang relevan, menarik, dan tidak monoton
k.    Komunikator Efektif
                             i.      Berbicara lantang dan jelas, menggunakan kata/istilah baku, memberikan contoh yang jelas dan relevan
l.      Menetapkan Sasaran Belajar Harian
                             i.      Menyiapkan dan mengikuti silabus dan RPP setiap kali melakukan pengajaran dan pembelajaran
m.    Melek/Terampil Teknologi
                             i.      Mampu menggunakan komputer, mampu melakukan surat-menyurat melalui e-mail, mampu menggunakan alat tayang seperti OHP, LCD, dll
n.    Menguasai Materi Ajar
                             i.      Mampu menjawab dengan mudah pertanyaan siswa, tidak membaca langsung dari buku atau catatan, dan memberikan contoh yang jelas dan mudah dimengerti
o.    Menyajikan Informasi Terkini
                             i.      Mengaitkan topik pembelajaran dengan situasi nyata terkini, menggunakan rujukan (buku, majalah, video dll) mutakhir
p.    Selalu Siap
                             i.      Membawa benda/bahan yang diperlukan dalam pembelajaran, tidak pernah terlambat datang ke kelas, memberikan kerangka kegiatan belajar (diskusi dsb)
q.    Merangsang Diskusi
                             i.      Mengajukan pertanyaan menantang dan kontroversial saat pembelajaran, mengarahkan siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran
r.     Merangsang  Tumbuhnya Pikiran Kritis/Rangsangan Intelektual
                             i.      Mengajukan pertanyaan cerdas/mendalam/bijak, menggunakan soal essay dalam kuis atau ujian, memberikan tugas rumah, mendorong diskusi/kerja kelompok
s.       Memberikan Umpan Balik Konstruktif
                             i.      Memberi komentar pada kertas kerja siswa, menjawab pertanyaan siswa, dan memberi saran


t.     Menerapkan Ujian Yang Berkeadilan
                             i.      Memberikan garis-garis besar bahan yang akan diujikan, soal ujiam relevan, tidak membebani siswa dengan bahan bacaan, memberikan materi ajar yang sesuai dengan tingkatan mayoritas siswa
u.    Peka & Teguh Hati
                             i.      Meyakinkan diri bahwa siswa telah menguasai materi ajar sebelum berpindah ke materi baru, memberikan pelajaran tambahan, mengulangi penjelasan bila perlu, menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa
v.     Berusaha Menjadi Guru Yang Lebih Baik
                             i.      Meminta umpan balik atas kinerjanya dari siswa, selalu belajar (mengikuti seminar, pelatihan dll), menggunakan metode mengajar tebaru
w.    Kesalingmengertian
                             i.      Mau menerima alasan yang sah siswa yang ingin meniggalkan pelajaran, tidak kehilangan kendali diri (marah) terhadap siswa, menyediakan waktu tambahan untuk mendiskusikan materimateri yang sulit.
 Itulah beberapa tips untuk menjadi guru yang menjadi idola murid. Silahkan berimprof dan semoga bermanfaat. Allahu A’lam


Pujon, 12/02/2015


Komentar

Postingan populer dari blog ini

HADITS PERTAMA MELURUSKAN NIAT

Hadits Kesembilan Mengusahakan Sesuatu dengan Jalan Maksiat

HADITS KE DUA Arwah adalah Bala Tentara