Hadits Ketiga belas Rasa Malu
Hadits Ketiga belas Rasa Malu
عَنْ أَبِي مَسْعُوْدٍ عُقْبَةَ بْنِ عَمْرٍو اْلأَنْصَارِي الْبَدْرِيّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ r:
إِنَّ مِمَّا أَدْرَكَ النَّاسُ مِنْ كَلاَمِ النُّبُوَّةِ الْأُوْلَى, إِذَا لَمْ تَسْتَحْيِ فَاصْنَعْ مَا شِئْت
Dari Abu Mas’ud
Uqbah bin Amar al Anshari al Badri t. Ia berkata :
Nabi r
bersabda:
(Sesungguhnya diantara
ajaran diperoleh manusia dari sejak kenabian permulaan adalah; jika kamu
tidak malu, maka lakukanlah sesukamu)
HR. Al Bukhari
6120
Arti Kalimat
Malu
dalam bahasa Arab disebut al-haya’ atau secara etimologi adalah masdar dari hayiya - yahya
- hayah yang berarti hidup. Orang tangguh dalam hidupnya dipastikan memiliki
sifat malu disebabkan kemampuan dirinya dalam mengatahui hal-hal yang buruk.
Selain dari ketangguhannya tersebut, sifat malu juga dapat berasal dari
kekuatan panca indera seorang manusia dan kelembutannya. Pengertian secara
etimologi ini menjelaskan sifat haya’ yang memiliki
fungsi mendorong manusia menjadi manusia yang paripurna dan utuh. Sementara
manusia yang tidak memilki sifat haya, ia akan menjadi manusia yang hampa
seakan-akan ruh yang pada dirinya dicabut Allah dan akhirnya mati tak berarti.
Malu
secara bahasa juga dapat diartikan alimtina’ yang
berari menahan atau mencegah dan al-Inqibad yang berati menutup diri. Oleh karena itu, manusia yang memiliki sifat
malu adalah manusia yang mampu menahan dan menutup diri dari hal-hal yang akan
mendatangkan aib pada dirinya
Secara
terminologi, malu didefinisikan oleh ulama dengan beberapa pengertaian. Antara
lain:
1. Malu adalah keadaan manusia yang penyebabnya berasal dari
kehawatiran terungkap suatu aib pada dirinya dan cacian.
2. Malu adalah salah satu akhlak yang dapat memdorong
manusia menjauhi perkataan dan perbuatan yang buruk dan mencegah diri dari
sikap acuh terhadap hak orang lain.
3. Malu adalah menjauhi keburukan akibat dari kekhawatiran
akan mendapat cacian orang lain
4. Malu adalah kewaspadaan yang menyebabkan manusia menutup
diri dari segala karena cacian orang lain.
5. Malu adalah sesuatu yang tertanam pada jiwa yang mengakibatkan
manusia menunaikan segala tugas, menjalian silturahim dan berbakti kepada orang
tua.
6. Malu adalah suatu sifat yang maknanya sama dengan waqar
(kehati-hatian) dan menjaga diri dari mengatakan sesuatu yang dapat
mempermalukan orang lain
7. Malu adalah melihat nikmat yang diberikan Allah swt dan
menyadari kekurangan diri.
Dari
pengertian secara terminologi, kedudukan sifat malu pada manusia sangat
diperlukan. Manusia dalam kehidupannya
memerlukan batasan-batasan yang mengatur tingkah lakunya dalam berhubungan
secara vertikal dengan Allah Taala dan berhubungan secara horizontal dengan
sesama makhluk. Pada prinsipnya manusia hendaknya mengenal posisinya sebagai
makhluk ciptaan Allah Taala dan sekutu
makhluk lainnya. Maka dengan sifat malu, manausia akan selalu takut melakaukan
hal-hal yang merugikan dirinya karena kesalahannya kepada Allah Taala dan
kesalahan kepada sesama manusia lainnya.
Makna
Hadits
“Sesungguhnya
Diantara Ajaran Diperoleh Manusia Dari Sejak Kenabian Permulaan”
Almunawi dalam
Faidhul Qadirnya berkata, maksudnya adalah diantara syariat yag sama sejak Nabi
pertama sampai Nabi terakhir adalah ajaran sifat malu. Sejak Nabi pertama Nabi Adam,
ajaran sifat malu ini sudah ditetapkan dan tidak di revisi oleh nabi-nabi
setelahnya sampai juga pada Nabi terakhir yakni syariat Nabi Muhammad ﷺ. Semua Nabi mengajarkan
dan memerintahkannya. Hal ini menunjukkan bahwa ajaran sifat malu adalah
bersumber dari wahyu dan menjadi keketapan dalam semua syariat.[1]
Perkataan umat
terdahulu bisa saja dinukil melalui jalan wahyu yaitu Al-Qur’an, As-Sunnah
(hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam) atau dinukil dari perkataan
orang-orang terdahulu. Karena hal ini adalah perkataan Nabi terdahulu maka hal
ini menunjukkan bahwa perkataan ini memiliki faedah yang besar sehingga sangat
penting sekali untuk diperhatikan.
Sebagai
tambahan, Ada pelajaran penting yang patut dipahami. Dalam Kaidah ilmu Ushul
Fiqh, Syariat sebelum Islam atau syariat yang dibawa oleh nabi sebelum Nabi
Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam terbagi menjadi tiga:[2]
1. Ajaran nabi terdahulu dan Islam menetapkan yang
dibenarkan oleh syariat Islam, maka ajaran ini juga menjadi ajaran bagi Islam
dan kita wajib taat. Seperti Perintah puasa dan juga ajaran tentang sifat malu
ini.
2. Ajaran yang dibatalkan, di naskh atau revisi oleh syariat
Islam, maka ajaran ini tidak berlaku lagi. Seperti cara bertaubat dengan bunuh
diri. Ketika akaian terkena najis, cara mensucikannya adalah dengan
memotongnya, dan lain-lain sebagaimana yang ditulis oleh Abuya Muhammad al
Maliki dalam kitabnya Khashais Al Umah Al Muhammadiah.
3.
Ajaran yang
tidak diketahui ditetapkan atau direvisi oleh syariat Islam, maka disini
terdapat khilaf dikalangan ulama. Seperti yang termaktub dalam Surat Al Maidah ayat
32, 45 dan syariat lainny yang senada.
“Jika
tidak malu, lakukanlah sesukamu”
Para ulama
mengatakan bahwa perkataan ini ada dua makna :
Pertama, Kalimat
tersebut bermakna perintah dan perintah ini bermakna mubah. Maknanya adalah
jika perbuatan tersebut tidak membuatmu malu, maka lakukanlah sesukamu, itu
boleh. Maka makna pertama ini kembali pada hukum perbuatan.
Kedua,Kalimat
tersebut bukanlah bermakna perintah. Para ulama memiliki dua tinjauan dalam
perkataan kedua ini:[3]
1. Kalimat perintah tersebut bermakna ancaman. Jadi maknanya
adalah: Jika kamu tidak memiliki rasa malu, maka lakukanlah sesukamu, (ini
maksudnya ancaman), karena kamu pasti akan dibalas. Hal ini sebagaimana firman
Allah Ta’ala,
اعْمَلُوا مَا شِئْتُمْ إِنَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ
بَصِيرٌ
”Lakukanlah
sesukamu. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa yang kamu lakukan.” (QS.
Fushilat: 40).
Maksud
ayat ini bukanlah perintah agar kita melakukan sesuka kita termasuk perkara
maksiat. Namun, ayat ini adalah ancaman: Jika kamu tidak memiliki rasa malu,
lakukanlah sesukamu. Pasti engkau akan mendapatkan akibatnya. Dan Allah Maha
Melihat apa yang kamu lakukan.
2. Kalimat perintah tersebut bermakna berita. Jadi maknanya
adalah: Jika kamu tidak memiliki rasa malu, maka kamu akan melakukan apapun
yang kamu sukai. penghalangmu untuk melakukan kejelekan adalah rasa malu. Jadi
bagi siapa yang tidak memiliki rasa malu, maka dia akan terjerumus dalam
kejelekan dan kemungkaran. Dan yang menghalangi hal semacam ini adalah rasa
malu. Kalimat semacam ini juga terdapat dalam hadits Nabi yang mutawatir,
مَنْ كَذَبَ عَلَىَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ
مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ
“Barangsiapa
yang berdusta atas namaku dengan sengaja, maka silakan ambil tempat duduknya di
neraka.” (HR. Bukhari no 110 dan Muslim no 3).
Artinya
orang yang berdusta atas Nama Nabi, berarti ia sedang menyiapkan tempat dirinya
di neraka.
Azzamakhsyari
berkata : Hadits ini memberikan isyarat bahwa hal yang bisa mencegah seseorang
dari terjatuh melakukan keburukan adalah sifat malu. Jika ia tidak memakai
sifat tersebut, maka dia akan menjadi seperti sedang diperintah untuk mengerjakan
keburukan.
Macam-Macam Malu
Dalam Kitab
Akhlaq Lilbanin, Sayyid Umar bin Ahmad Baraja menyebutkan bahwa Malu
dibagi tiga macam:[4]
Pertama, malu
kepada Allah. Jika seseorang malu kepada Allah, ia akan mengerjakan
perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Rasulullah bersabda, “Malulah kalian
kepada Allah dengan sungguh-sungguh rasa malu. Kemudian nabi ditanya,
“Bagaimana caranya malu kepada Allah?” Dijawab, “Siapa yang menjaga kepala dan
isinya, perut dan makanannya, meninggalkan kesenangan dunia, dan mengingat
mati, maka dia sungguh telah memiliki rasa malu kepada Allah Swt.” Malu seperti
inilah yang akan melahirkan buah keimanan dan ketakwaan.
Kedua, malu
kepada manusia. Jika seseorang memiliki rasa malu kepada manusia, maka ia akan
menjaga pandangan yang tidak halal untuk dilihat. Seorang ahli hikmah pernah
ditanya tentang orang fasik. Beliau menjawab, “Yaitu orang yang tidak menjaga
pandangannya, suka mengintip aurat tetangganya dari balik pintu rumahnya.”
Orang yang punya rasa malu kepada manusia tidak akan berani melakukan dosa di
hadapan orang lain. Jangankan dosa, melakukan kebiasaan jeleknya saja dia malu
jika ada orang yang melihatnya.
Termasuk
bagian dari malu kepada manusia adalah mengutamakan orang yang lebih mulia
darinya, Menghargai ulama dan orang saleh, Memuliakan orangtua dan gurunya,
Merendahkan diri di hadapan mereka. Orang yang masih punya rasa malu kepada
orang lain akan dihargai dan disegani, dan masyarakat mau mendengarkan pendapat dan
nasihatnya.
Ketiga, malu
kepada diri sendiri. Ketika orang punya malu kepada dirinya sendiri, dia tidak
akan melakukan perbuatan dosa ketika sendirian. Ia malu jika ada orang yang
melihat perbuatannya. Dalam kalimat hikmah dikatakan, “Siapa yang melakukan
perbuatan ketika sendirian yang ia malu melakukannya saat dilihat orang, maka
ia tidak berhak mendapatkan kemulian.” Kalimat hikmah yang lain mengatakan,
“Hendaknya malu kepada diri sendiri lebih besar dibanding malu kepada orang
lain.”
Rasulullah ﷺ adalah figur yang sempurna dalam akhlak malu. Beliau tidak
pernah menjulurkan kakinya ketika sedang duduk bersama sahabatnya. Pada suatu
hari beliau lewat dan berpapasan dengan orang yang sedang mandi. Lalu beliau
bersabda, “Wahai manusia, sesungguhnya Allah maha hidup, maha lembut, dan maha
menutupi. Allah cinta pada rasa malu dan menutup diri. Jika kalian mandi maka
lindungilah diri kalian dari pandangan orang.”
Sayyidah Aisyah
ra. adalah putri yang sangat pemalu dan menjaga kehormatan dirinya. Suatu saat
beliau pernah bercerita, “Ketika aku masuk ke rumahku yang di dalamnya terdapat
makam Rasulullah (suamiku) dan ayahku Abu Bakar, aku menampakkan sebagian
auratku, dalam hati aku berkata, “Sesungguhnya aku sedang berada di kuburan
suamiku dan ayahku.” Akan tetapi, ketika Umar bin Khattab meninggal dan
makamkan di samping suami dan ayahku, aku tidak pernah menampakkan auratku
lagi, karena malu kepada Umar.” Bisa dibayangkan akhlak malu yang dimiliki Sayyidah
Aisyah, hingga kepada orang sudah berada di dalam kubur.
Inilah tiga
macam malu yang dianjurkan. Selanjutnya kita hindari sifat malu yang dilarang.
Yaitu malu ketika akan melakukan kebaikan, malu ketika membela ajaran Islam,
malu berkata jujur, malu mengingkari kemungkaran dan membela kebenaran. Orang
yang malu dalam kebaikan tidak akan mendapatkan keberkahan dalam hidupnya.
والله يتولى الجميع برعايته
الحياء
وهو انقباض النفس عن القبائح وعن التَّفريط فى
حقّ صاحب الحقّ. وقال ذو النُّون: الحياء وجود الهَيْبة فى القلب مع وحشة ممّا سبق منك
إِلى ربّك، والحبّ يُنطق. والحياءُ يُسْكت، والخوف يُقلق.
MALU
Adalah
terkekangnya diri dari melakukan keburukan dan teledor dalam menunaikan kewajiban.
Dzun Nun berkata : Malu adalah bentuk wujudnya rasa segan dan takut dalam hati
seseorang serta
وقد قُسم الحياء على عشرة أَوجه: حياء جنايةٍ وحياء تقصير، وحياء إِجلال، وحياء كَرَم، وحياء حِشْمَةٍ، وحياء (استقصار النَّفس) ، وحياء محبّة، وحياء عبوديّة، وحياء شرف وعزَّةٍ، وحياء المستحى من نفسِه.
فأَمّا حياء الجناية فمنه حياء آدم لما فرّ هارباً فى الجنَّة، قال الله تعالى: إِفراراً منِّى يا آدم؟! قال: لا يا ربّ بل حياءً منك. وحياء التقصير كحياءِ الملائكة الَّذين يسبّحون اللَّيل والنَّهار لا يفترون، فإِذا كان يوم القيامة قالوا: سبحانك ما عبدناك حقّ عبادتك. وحياءُ الإِجلال هو حياء المعرفة، وعلى حسب معرفة العبد بربّه يكون حياؤه منه. وحياءُ الكرم كحياءِ النبىّ ﷺ من القوم الَّذين دعاهم إِلى وليمة زَيْنَبَ وطوَّلوا عنده فقام واستحى أَن يقول لهم: انصرِفوا. وحياء الحِشْمَةِ كحياءِ على بن أَبى طالب أَن يسأَل رسول الله ﷺ عن المَذْى لمكان ابنته. وحياء الاستحقار واستصغار النفس كحياءِ العبد من ربّه حين يسأَله حوائجه احتقاراً لشأْن نفسه واستصغاراً لها.
وأَمّا حياءُ المحبة فحياءُ المحبِّ من محبوبه، حتَّى إِنَّه إِذا خطر على قلبه فى حال غيبته هاج الحياءُ فى قلبه وظهر أَثرُه فى وجهه ولا يدرى ما سببه. وكذلك يعرض للمحِبّ عند ملاقاة محبوبه ومناجاته له روعةٌ شديدة. ومنه قولهم جمال رائع. وسبب هذا الحياء والرّوعة ممّا لا يعرفه أَكثر الناس. ولا ريب أَنَّ للمحبّة سلطاناً قاهراً للقلب أَعظم من سلطان مَن يقهر البدن، فأَين من يقهر قلبك وروحك ممّن يقهر بدنك؟! ولذلك تعجّبت الملوك والجبابرة من قهرهم للخلق وقهر المحبوب لهم. فإِذا فاجأَ المحبوبُ محبَّه ورآه بغتة أَحسّ القلبُ بهجوم سلطانه فاعتراه رَوْعة وخوفٌ.
وأَمّا حياءُ العبوديَّة فهو ممتزِج من حُبٍّ وخوف ومشاهدة عدم صلاحية عبوديّته لمعبوده، وأَنَّ قَدْره أَعلى وأَجلّ منها، فعبوديته له توجب استحياءَه منه لا محالة.
وأَمّا حَياءُ الشَّرف والعِزَّة فحياءُ النَّفْسِ العَظيمة الكبيرة إِذا صدر منه ما هو دون قَدْرها من بَذْل أَو إِعطاءٍ أَو إِحسان، فإِنَّه يستخرج مع بذله حياء وشرف نفس وعزَّة. وهذا له سببان: أَحدهما هذا، والثانى استحياءُه من الآخذ، حتَّى إِنَّ بعض الكُرماءِ يستحى من خَجْلة الآخذ.
وأَمّا حياءُ المؤمن من نفسه فهو حياءُ النفوس الشَّريفة العزيزة من رضاها لنفسه بالنَّقص وقنعها بالدُّون، فيجد نفسه مستحيياً مِن نفسه حتَّى كأَنَّه له نَفْسان تستحى إِحداهما من الأُخرى، وهذا أَكمل ما يكون من الحياءِ، فإِنَّ العبد إِذا استحيا من نفسه فهو بأَن يستحى من غيره أَجدر. وقال يحيى بن مُعاذ رحمه الله: من استحى من الله مطيعا استحى الله منه وهو مذنب. وهذا الكلام يحتاج إِلى شرح، ومعناه أَنَّ من غلب عليه خُلُق الحياءِ من الله حتَّى فى حال طاعتة فقلبه مطرق من بين يديه إِطراق مستحْى خَجِل، فإِنَّه إِذا واقع ذنبا استحى الله عزَّ وجلّ مِن نظره إِليه فى تلك الحالة لكرامته عليه فيستحى أَن يرى مِن وَليّه وَمَنْ يكرُم عليه ما يَشينه. وفى الشاهد [ما يشهد] بذلك، فإِن الرّجل إِذا اطَّلع على أَخصّ النَّاس به وأَحبّهم إِليه من صاحب أَو ولدٍ أَو حبيبٍ وهو يخونه فإِنَّه يلحقه من ذلك الاطِّلاع حياءٌ عجيب حتَّى كأَنَّه هو الجانى، وهذا غاية الكرم. وقد قيل: إِنَّ سبب هذا الحياء أَنَّه يمثِّل نفسه الجانى فيلحقه الحياءُ كما إِذا شاهد الرّجل مَن أحصِر على المنبر عن الكلام فيلحقه الحياءُ فإِنَّه يَخْجل تمثيلاً لنفسه تلك الحالة.
وأَمّا حياءُ الربّ - تبارك وتعالى - من عبده فنوع آخر لا تدركه الأَوهام ولا تكيّفه العقول، فإِنَّه حياءُ كرمٍ وبرٍّ وجُودٍ، فإِنَّه خير كريم يَستحى من عبْده إِذا رَفَعَ إِليه يديه أَن يردَّهما صِفراً، ويستحى أَن يعذّب ذا شَيْبة شابت فى الإِسلام. وكان يحيى بن معاذ يقول: سبحان من يذنب عبْدُه ويستحى هو.
واختلف العلماءُ فى الحياءِ ممّا ذا يتولَّد. فقيل: من تعظيمٍ منوط بودّ. وقال الجُنَيد: يتولَّد من مشاهدة النِّعم ورؤية التَّقصير. وقيل: يتولَّد من شعور القلب بما يُستَحى منه وشدّة نُفْرته عنه فيتولَّد من هذا الشعور والنفرة حالة تسمّى الحياءُ. ولا تَنَافِىَ بين هذه الأَقوال، لأَنَّ للحياءِ عدّةَ أَسباب، كلّ أَشار إِلى بعضها.
وقد قُسم الحياء على عشرة أَوجه: حياء جنايةٍ وحياء تقصير، وحياء إِجلال، وحياء كَرَم، وحياء حِشْمَةٍ، وحياء (استقصار النَّفس) ، وحياء محبّة، وحياء عبوديّة، وحياء شرف وعزَّةٍ، وحياء المستحى من نفسِه.
فأَمّا حياء الجناية فمنه حياء آدم لما فرّ هارباً فى الجنَّة، قال الله تعالى: إِفراراً منِّى يا آدم؟! قال: لا يا ربّ بل حياءً منك. وحياء التقصير كحياءِ الملائكة الَّذين يسبّحون اللَّيل والنَّهار لا يفترون، فإِذا كان يوم القيامة قالوا: سبحانك ما عبدناك حقّ عبادتك. وحياءُ الإِجلال هو حياء المعرفة، وعلى حسب معرفة العبد بربّه يكون حياؤه منه. وحياءُ الكرم كحياءِ النبىّ ﷺ من القوم الَّذين دعاهم إِلى وليمة زَيْنَبَ وطوَّلوا عنده فقام واستحى أَن يقول لهم: انصرِفوا. وحياء الحِشْمَةِ كحياءِ على بن أَبى طالب أَن يسأَل رسول الله ﷺ عن المَذْى لمكان ابنته. وحياء الاستحقار واستصغار النفس كحياءِ العبد من ربّه حين يسأَله حوائجه احتقاراً لشأْن نفسه واستصغاراً لها.
وأَمّا حياءُ المحبة فحياءُ المحبِّ من محبوبه، حتَّى إِنَّه إِذا خطر على قلبه فى حال غيبته هاج الحياءُ فى قلبه وظهر أَثرُه فى وجهه ولا يدرى ما سببه. وكذلك يعرض للمحِبّ عند ملاقاة محبوبه ومناجاته له روعةٌ شديدة. ومنه قولهم جمال رائع. وسبب هذا الحياء والرّوعة ممّا لا يعرفه أَكثر الناس. ولا ريب أَنَّ للمحبّة سلطاناً قاهراً للقلب أَعظم من سلطان مَن يقهر البدن، فأَين من يقهر قلبك وروحك ممّن يقهر بدنك؟! ولذلك تعجّبت الملوك والجبابرة من قهرهم للخلق وقهر المحبوب لهم. فإِذا فاجأَ المحبوبُ محبَّه ورآه بغتة أَحسّ القلبُ بهجوم سلطانه فاعتراه رَوْعة وخوفٌ.
وأَمّا حياءُ العبوديَّة فهو ممتزِج من حُبٍّ وخوف ومشاهدة عدم صلاحية عبوديّته لمعبوده، وأَنَّ قَدْره أَعلى وأَجلّ منها، فعبوديته له توجب استحياءَه منه لا محالة.
وأَمّا حَياءُ الشَّرف والعِزَّة فحياءُ النَّفْسِ العَظيمة الكبيرة إِذا صدر منه ما هو دون قَدْرها من بَذْل أَو إِعطاءٍ أَو إِحسان، فإِنَّه يستخرج مع بذله حياء وشرف نفس وعزَّة. وهذا له سببان: أَحدهما هذا، والثانى استحياءُه من الآخذ، حتَّى إِنَّ بعض الكُرماءِ يستحى من خَجْلة الآخذ.
وأَمّا حياءُ المؤمن من نفسه فهو حياءُ النفوس الشَّريفة العزيزة من رضاها لنفسه بالنَّقص وقنعها بالدُّون، فيجد نفسه مستحيياً مِن نفسه حتَّى كأَنَّه له نَفْسان تستحى إِحداهما من الأُخرى، وهذا أَكمل ما يكون من الحياءِ، فإِنَّ العبد إِذا استحيا من نفسه فهو بأَن يستحى من غيره أَجدر. وقال يحيى بن مُعاذ رحمه الله: من استحى من الله مطيعا استحى الله منه وهو مذنب. وهذا الكلام يحتاج إِلى شرح، ومعناه أَنَّ من غلب عليه خُلُق الحياءِ من الله حتَّى فى حال طاعتة فقلبه مطرق من بين يديه إِطراق مستحْى خَجِل، فإِنَّه إِذا واقع ذنبا استحى الله عزَّ وجلّ مِن نظره إِليه فى تلك الحالة لكرامته عليه فيستحى أَن يرى مِن وَليّه وَمَنْ يكرُم عليه ما يَشينه. وفى الشاهد [ما يشهد] بذلك، فإِن الرّجل إِذا اطَّلع على أَخصّ النَّاس به وأَحبّهم إِليه من صاحب أَو ولدٍ أَو حبيبٍ وهو يخونه فإِنَّه يلحقه من ذلك الاطِّلاع حياءٌ عجيب حتَّى كأَنَّه هو الجانى، وهذا غاية الكرم. وقد قيل: إِنَّ سبب هذا الحياء أَنَّه يمثِّل نفسه الجانى فيلحقه الحياءُ كما إِذا شاهد الرّجل مَن أحصِر على المنبر عن الكلام فيلحقه الحياءُ فإِنَّه يَخْجل تمثيلاً لنفسه تلك الحالة.
وأَمّا حياءُ الربّ - تبارك وتعالى - من عبده فنوع آخر لا تدركه الأَوهام ولا تكيّفه العقول، فإِنَّه حياءُ كرمٍ وبرٍّ وجُودٍ، فإِنَّه خير كريم يَستحى من عبْده إِذا رَفَعَ إِليه يديه أَن يردَّهما صِفراً، ويستحى أَن يعذّب ذا شَيْبة شابت فى الإِسلام. وكان يحيى بن معاذ يقول: سبحان من يذنب عبْدُه ويستحى هو.
واختلف العلماءُ فى الحياءِ ممّا ذا يتولَّد. فقيل: من تعظيمٍ منوط بودّ. وقال الجُنَيد: يتولَّد من مشاهدة النِّعم ورؤية التَّقصير. وقيل: يتولَّد من شعور القلب بما يُستَحى منه وشدّة نُفْرته عنه فيتولَّد من هذا الشعور والنفرة حالة تسمّى الحياءُ. ولا تَنَافِىَ بين هذه الأَقوال، لأَنَّ للحياءِ عدّةَ أَسباب، كلّ أَشار إِلى بعضها.
[2] Di sarikan dari kitab Ilmu Ushulil Fiqh Karya Abdul Wahab
Khalaf Juz 1 Hal 93-94
[4] Umar bin Ahmad Baraja, Al-Akhlak Lil
Banin, (Surabaya, Maktabah Muhammad bin Ahmad Nabhan Wa Auladuhu, Juz 4, 1385
H.) Hlm. 7-13.
Komentar
Posting Komentar