GURU SEJATI ADALAH IDAMAN SANTRI
Bismillahirrahmanirrohim.
Segala puji hanya teruntuk Allah yang telah menjadikan
Rosululloah sebagai guru terbaik umat manusia sepanjang zaman. Allah Berfirman:
هُوَ الَّذِي بَعَثَ
فِي الْأُمِّيِّينَ رَسُولًا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ ءَايَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ
وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ
مُبِينٍ
“ Dia-lah yang mengutus kepada kaum
yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya
kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan Hikmah
(As Sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan
yang nyata”
Sholawat beserta salam semoga
senantiasa tercurahkan kepada Baginda Nabi besar Muhammad SAW, yang beliau
berkedudukan sebagai seorang pendidik yang telah beliau nyatakan sendiri dalam
sabdanya,
” إِنَّ الله بَعَثَنِى مُعَلِّمًا
مُيَسِّرًا, “Aku di utus Allah sebagai pengajar dan untuk selalu mempermudah” Hr.
Ibn Majah No 229.
Rasulullah SAW. telah
bersunguh-sungguh dalam mendidik para sahabat dan generasi muslim, hingga
mereka memiliki kesempurnaan ahlak, kesucian jiwa dan karakter yang bersih.
1. Guru
Siapakah Mereka?
Menurut KBBI, Guru adalah
seseorang yang pekerjaannya adalah mengajar dan mendidik.
Menurut orang Jawa, Guru
adalah Orang yang bisa di gugu dan di tiru.
Sebenarnya, kalau kita
renungkan, jika seorang guru mampu menjadi seorang fasilitator dan inspirator,
maka penghargaan dan rasa simpati dari siswa siswinya akan muncul dengan
sendirinya, bukan penghargaan secara material yang akan diperoleh tetapi lebih berharga
dari itu, guru akan mendapat penghargaan non material yang tinggi terhadap
pribadinya. Sehingga tidak salah kalau guru inspirator adalah pahlawan tanpa
tanda jasa yang patut di Gugu dan diTiru. Maka, Guru adalah orang nomor satu
yang bisa menentukan jiwa muridnya. Jika guru jelek maka murid akan bisa lebih
buruk darinya
2.
Keutamaan Guru
Profesi sebagai pendidik
adalah pilihan. Tanpa pendidik, suatu bangsa tidak akan pernah maju. Ketika
Nagasaki dan Hiroshima dibom atom oleh sekutu pada tahun 1945, seorang yang
sangat diutamakan untuk selamat adalah guru/pendidik. Hal ini ditujukan agar
generasi penerus masih dapat bertahan hidup karena memiliki sebuah harta yang
paling berharga yaitu ilmu. Dan tugas seorang pendidik adalah menyampaikan dan
menerangkan ilmu agar dapat diamalkan oleh orang lain dalam kehidupan.
Diantara keutamaan sebagai
sorang guru adalah:
a.
Guru adalah
salah satu pangkat Rosululloh
b.
Guru adalah salah
satu dari tiga bapak manusia
c.
Guru
mempunyai hubungan sangat dekat dengan siswa hingga seperti hubungan nasab
d.
Lain-lain
3. Tugas Utama
Seorang Guru
Dari Ayat di atas, pada
dasarnya, ada 3 hal yang menjadi tugas pokok seorang Rasul sebagai pegangan
bagi seorang guru/mu’allim:
Tilawah (membacakan
ayat-ayat Allah SWT)
Tadzkiyah (membersihkan jiwa)
Ta’lim (mengajarkan
Al-Qur’an dan As-sunnah)
4. Tips Menjadi
Guru Idaman
Karena tugas guru sangat
berat, besar, dan sangat menentukan kehidupan seseorang, maka dipelukan
tips-tips agar menjadi guru yang bukan hanya berhasil, namun menjadi idaman dan
idola bagi semua muridnya. Dari beberapa pengalaman dan realita, khususnya di
zaman teknologi dan globalisasi ini, maka hal-hal yang bisa menjadikan murid
sangat gandrung kepada guru adalah beberapa hal di bawah ini:
a.
Ramah & Riang
i.
Murah senyum,
menyapa, memulai pembicaraan, memancing pertanyaan, tanggap dengan penuh
perhatian dan hormat terhadap komentar siswa.
ii.
Menceritakan
leucon, tertawa bersama siswa
b.
Penuh Keakraban
i.
Pandai
membuat lelucon, mendorong dan memulai diskusi, hafal nama-nama siswa,
berinteraksi dengan siswa sebelum dan setelah pembelajaran berlangsung
c.
Berwibawa & percaya diri
i.
Menerapkan
tata tertib belajar yang jelas, menjaga ketertiban kelas, berbicara dengan
suara lantang dan jelas.
ii.
Berbicara
jelas, menatap (kontak) mata siswa, menjawab pertanyaan dengan benar
d.
Rendah Hati & Peduli
i.
Mengakui
kesalahan, tidak sombong, tidak mendompleng sukses orang lain, dan tidak
merendahkan perestasi/sukses orang.lain
ii.
Menghargai
karya siswa yang baik,. membantu siswa yang membutuhkan bantuan, hafal
nama-nama siswa, menawarkan bonus atau nilai tambahan terhadap prestasi siswa
yang tinggi
e.
Hormat/Menghargai
i.
Tidak
melecehkan dan mempermalukan siswa di kelas, ramah pada siswa, mengucapkan kata
minta tolong dan terima kasih terima kasih atas tindakan siswa yang diminta,
tidak memotong pembicaraan siswa, tidak mebentak atau mengeluarkan kata-kata
kasar pada siswa
f.
Pendengar Yang Baik
i.
Tidak
memotong pembicaraan siswa, selalu mengadakan kontak mata, menanyakan inti
pertanyaan yang diajukan siswa
g.
Profesional Dalam Penampilan
i.
Berpakaian
rapih, bersih, tidak kusut, dan kotor
h.
Antusias Dalam Mengajar
i.
Murah senyum
saat mengajar, menyajikan kegiatan belajar yang menarik, menampilkan ekspresi
gerak dan mimik untuk pernyataan atau hal-hal penting, dan datang tepat waktu
i.
Mengelola Waktu Pembelajaran Dengan Baik
i.
Tiba tepat
waktu atau lebih awal, mengakhiri pembelajarn tepat waktu, menyajikan bahan
ajar yang relevan, memberikan kesempatan (waktu) untuk pertanyaan, menepati
janji, mengembalikan pekerjaan siswa tepat waktu
j.
Kreatif & Menarik
i.
Melakukan
eksperimen metode mengajar, menggunakan produk teknologi untuk mendukung dan
meningkatkan kualitas pengajaran, menggunakan contoh yang relevan, menarik, dan
tidak monoton
k.
Komunikator Efektif
i.
Berbicara
lantang dan jelas, menggunakan kata/istilah baku, memberikan contoh yang jelas
dan relevan
l.
Menetapkan Sasaran Belajar Harian
i.
Menyiapkan
dan mengikuti silabus dan RPP setiap kali melakukan pengajaran dan pembelajaran
m.
Melek/Terampil Teknologi
i.
Mampu
menggunakan komputer, mampu melakukan surat-menyurat melalui e-mail, mampu
menggunakan alat tayang seperti OHP, LCD, dll
n.
Menguasai Materi Ajar
i.
Mampu
menjawab dengan mudah pertanyaan siswa, tidak membaca langsung dari buku atau
catatan, dan memberikan contoh yang jelas dan mudah dimengerti
o.
Menyajikan Informasi Terkini
i.
Mengaitkan
topik pembelajaran dengan situasi nyata terkini, menggunakan rujukan (buku,
majalah, video dll) mutakhir
p.
Selalu Siap
i.
Membawa
benda/bahan yang diperlukan dalam pembelajaran, tidak pernah terlambat datang
ke kelas, memberikan kerangka kegiatan belajar (diskusi dsb)
q.
Merangsang Diskusi
i.
Mengajukan
pertanyaan menantang dan kontroversial saat pembelajaran, mengarahkan siswa
untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran
r.
Merangsang
Tumbuhnya Pikiran Kritis/Rangsangan Intelektual
i.
Mengajukan
pertanyaan cerdas/mendalam/bijak, menggunakan soal essay dalam kuis atau ujian,
memberikan tugas rumah, mendorong diskusi/kerja kelompok
s.
Memberikan Umpan Balik Konstruktif
i.
Memberi
komentar pada kertas kerja siswa, menjawab pertanyaan siswa, dan memberi saran
t.
Menerapkan Ujian Yang Berkeadilan
i.
Memberikan
garis-garis besar bahan yang akan diujikan, soal ujiam relevan, tidak membebani
siswa dengan bahan bacaan, memberikan materi ajar yang sesuai dengan tingkatan
mayoritas siswa
u.
Peka & Teguh Hati
i.
Meyakinkan
diri bahwa siswa telah menguasai materi ajar sebelum berpindah ke materi baru,
memberikan pelajaran tambahan, mengulangi penjelasan bila perlu, menggunakan
pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa
v.
Berusaha Menjadi Guru Yang Lebih Baik
i.
Meminta umpan
balik atas kinerjanya dari siswa, selalu belajar (mengikuti seminar, pelatihan
dll), menggunakan metode mengajar tebaru
w.
Kesalingmengertian
i.
Mau menerima
alasan yang sah siswa yang ingin meniggalkan pelajaran, tidak kehilangan
kendali diri (marah) terhadap siswa, menyediakan waktu tambahan untuk
mendiskusikan materimateri yang sulit.
Itulah beberapa tips untuk menjadi guru yang
menjadi idola murid. Silahkan berimprof dan semoga bermanfaat. Allahu A’lam
Pujon,
12/02/2015
Komentar
Posting Komentar